Sabtu, 03 Oktober 2009


TERKONDISIKAN MENJADI PRIBADI TERTENTU

Setiap anak harus mengatasi tantangan yang muncul dalam setiap tahapan pertumbuhannya dengan berbekal seperangkat ketrampilan khusus, yang kelak kemudian hari terbentuk menjadi karakter tertentu yang khas. Kepribadian (personality) seseorang terbentuk pada saat-saat dini dalam kehidupannya.

Dalam literatur psikologi, kepribadian adalah suatu sistem psikofisik yang akan menentukan cara seseorang untuk menyesuaikan diri secara unik dengan lingkungannya. Sistem kepribadian sebagai alat penyesuaian diri tersebut terdiri atas sistem kecenderungan yang terdiri atas temperamen, sifat, kebiasaan, selera, kebutuhan, keinginan dan minat serta sistem kesanggupan yang terdiri atas kemampuan dan ketrampilan.


Anak tunggal
Anak tunggal memiliki kemampuan tinggi untuk meraih sukses. Mempunyai peluang besar mencapai pendidikan di perguruan tinggi. Banyak memiliki masalah perilaku, sangat sedikit mempunyai keinginan untuk terikat. Seorang penyendiri dan merasa sangat kesepian.
Segi positif :
Memiliki ketrampilan serta kemampuan besar untuk melakukan perubahan dan perbaikan terhadap sesuatu keadaan. Berorientasi pada tugas, cenderung menjadi orang yang berdisiplin, sangat bertanggung jawab dan dapat diandalkan. menyukai fakta, ide, dan informasi yang detail. Merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu sebagai tantangan dengan penug tanggung jawab..

Nah berikutnya ada anak sulung, anak tengah, anak bungsu dll...Penasaran???tetep di blog saya...hehehe

2 komentar:

  1. anak sapi, anak ayam, anak cicak.. ga sekalian poo.. hehe becanda ...

    klo anak tunggal itu kebiasaan sih egois agaknya

    BalasHapus
  2. Setuju...berdasar data dan fakta yg ku dengar dan ku lihat, ku baca sepertinya memang begitu...
    Tapi kembali lg hal tersebut didukung oleh banyak faktor jd kemungkinan msh bs diubah dr faktor2 pendukung yg laen, misal lingkungan, kebiasaan, pola asuh ortu, dll
    Wuih ngemeng epe ni kok bnyk bgt, hihi...
    (da tak coment kan, dpt apa ni akyu? ;)

    BalasHapus